Visi & Misi

VISI, MISI, TUJUAN

A. Visi SDN Gunung Picung 07

Adapun visi SDN. Gunung Picung 07 Kecamaan Pamijahan adalah “ Terwujudnya
Peserta Didik Yang Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME berakhlak mulia
Berprestasi, Kreatif, Peduli Budaya dan Lingkungan”.
Dalam mewujudkan visi sekolah, berbagai pengembangan dan pembenahan
telah dilakukan berdasarkan lima (5) penentu kunci keberhasilan (key success
factor/KSF) diantaranya :
1. Peningkatan citra;
2. Pengadaan dan perbaikan sarana dan prasarana;
3. Pengembangan kurikulum;
4. Pemberdayaan pendidik dan lingkungan belajar;
5. Pembenahan manajeman dan administrasi.

B. Misi SDN Gunung Picung 07
Untuk mencapai visi sebagai Sekolah dasar yang unggul dalam iman, ilmu dan
pelayanan, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang
jelas dan sistematis. Berikut misi SDN. Gunung Picung 07 Kecamaan Pamijahan yang
dirumuskan berdasarkan visi sekolah : “ Terwujudnya Peserta Didik Yang Beriman,
bertaqwa kepada tuhan YME berakhlak mulia Berprestasi, Kreatif Peduli Budaya dan
Lingkungan”. yaitu :

1. Menanamkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Melalui
pembiasaan penerapan karakter peduli lingkungan, penerapan keagamaan dan
pelestarian budaya.
Representasi dari Visi “Berakhlak Mulia”
 Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang
Maha Esa serta Berakhlak Mulia”.

2. Mengembangkan pengetahuan, karakter dan keterampilan melalui pengalaman
langsung dan pembiasaan diri sesuai dengan minat, bakat dan tahap perkembangan
serta tingkat pencapaian murid.
Representasi dari Visi “Berprestasi”
 Elemen Profil Pelajar Pancasila “Kreatif, Mandiri dan Bernalar Kritis dan
Berkebhinekaan Global”.

3. Meningkatkan kesadaran peserta didik sebagai makhluk sosial dalam tatanan
kemasyarakatan, aktif memelihara serta mengikuti kegiatan bercocok tanam untuk
melestarikan lingkungan hidup yang kondusif, tertib, aman dan asri.
Representasi dari Visi “Peduli Budaya dan Lingkungan”.
 Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berkebhinekaan Global”.

4. Membudayakan dan membiasakan kegiatan 7s, yaitu senyum, salam, sapa, sopan,
santun, semangat, dan sepenuh hati pada seluruh warga sekolah.
Representasi dari Visi “Berakhlak Mulia, Peduli Budaya dan Lingkungan”.
 Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang
Maha Esa”.

5. Menyatukan kebulatan tekad dan kerjasama dari semua warga sekolah, orang tua siswa, dan komite sekolah dalam gerakan PBLHS untuk meningkatkan mutu
sekolah.
Representasi dari Visi “Berakhlak Mulia”.
 Elemen Profil Pelajar Pancasila “Bergotong Royong, Beriman dan Bertaqwa
Kepada Tuhan Yang Maha Esa”.

6. Membudayakan cinta lingkungan dengan pemilahan dan pengolahan sampah 3R. Reuse menggunakan kembali sampah, Reduce mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah, Recycle mengolah kembali/daur ulang sampah menjadi
barang yang bermanfaat).
Representasi dari Visi “Berakhlak Mulia”
 Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang
Maha Esa serta Berakhlak Mulia”.

7. Meningkatkan profesionalisme serta keterampilan guru dalam menggunakan
strategi, sumber dan media pembelajaran paradigma baru untuk menciptakan
suasana pembelajaran yang berpusat pada siswa serta melatih anak berpikir kritis,
kreatif, dan mandiri.
 Representasi dari Visi “Berprestasi”.
 Elemen Profil Pelajar Pancasila “Kreatif, Mandiri dan Bernalar Kritis”.

8. Memotivasi dan membimbing siswa pada proses pembelajaran pada intrakurikuler,
kokurikuler dan ekstrakurikuler serta melayani anak “berkebutuhan khusus” .
 Representasi dari Visi “Berakhlak Mulia Serta Peduli Budaya dan
Lingkungan”.
 Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri, Kreatif, Bernalar Kritis dan Beriman
dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa”.

9. Meningkatkan pengembangan profesional guru melalui pembinaan dengan cara
pendampingan dan evaluasi serta pengembangan PKB (pengembangan keprofesian
dan berkelanjutan).
 Representasi dari Visi “Berprestasi”.
 Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri, Kreatif, Bernalar Kritis”.

10. Melengkapi dan menyempurnakan sarana platform media pembelajaran digital
pada paradigma baru.

 Representasi dari Visi “Berprestasi, Peduli Budaya dan Lingkungan”
 Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri, Kreatif, Bernalar Kritis dan Beriman
dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa”.

11. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan ekstra kurikuler untuk
pengembangan diri sesuai dengan profil pelajar Pancasila.
 Representasi dari Visi “Berprestasi, Peduli Budaya dan Lingkungan”.
 Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri, Kreatif Beriman dan Bertaqwa
Kepada Tuhan Yang Maha Esa”.

12. Mewujudkan kehidupan yang kondusif dari semua warga sekolah, patuh dan taat
pada aturan / hukum, serta kerjasama yang baik dari semua warga sekolah.
 Representasi dari Visi “Berakhlak mulia, Peduli Budaya dan Lingkungan”.

 Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang
Maha Esa, Bergotong Royong”.

13. Mewujudkan kesejahteraan personal sekolah agar menjadi lebih baik.
 Representasi dari Visi “Berakhlak mulia”.
 Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang
Maha Esa, Cinta Sesama dan Toleransi”.
 Meningkatkan Karakter Profil Pelajar Pancasila melalui pengalaman langsung
dalam bentuk kegiatan P5

14. Menjunjung tinggi nilai-nilai musyawarah dan gotong royong demi keutuhan
sekolah.
 Representasi dari Visi “Berakhlak mulia, Peduli Budaya dan Lingkungan”.
 Elemen Profil Pelajar Pancasila “Bergotong Royong dan Berkebhinekaan
Global”.

15. Menumbuhkan pengetahuan dan pengamalan ajaran agama, akhlakul karimah yang
berwawasan IPTEK dan IMTAQ
 Representasi dari Visi “Berakhlak mulia, berprestasi”.
 Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang
Maha Esa, Kreatif, Mandiri dan Bernalar Kritis”.

Dalam rangka mewujudkan misi tersebut, sekolah berusaha menerapkan
peraturan yang ketat sesuai dengan kedudukan masing-masing dan menjalin
komunikasi yang baik untuk menjamin hubungan kerja yang harmonis.